Jumat, 01 Juni 2012

SHARP Q BEAT MATI TOTAL

sudah satu bulan tv ini belum kelar juga awalnya tv ini datang dengan keadaan mati total karena tersambar petir
lansung casing q buka dan pada bagian power suplay q ukur dan hanya mendapati sebuah dioda dari listrik 220v dalam keaadan short yang meyebabkan listrik turun ketika swicth power di pencet
kemudian q ganti dioda dan tv lansung dicoba ternyata langsung hidup normal
tetapi selang tidak lama kira-kira 10 menit listrik turun lagi dan tv klepek-klepek mati.
loh kok mati dalam hati kemudian q cek lagi psnya teryata transistor  D1884,dioda D709 sudah ke alam kubur.
q ganti kedua komponen tersebut dan tv q coba lagi dan tv kembali hidup dengan normal eeeeet tidak berapa lama kemudian terdrngar suara breeet dari dalam tv dan diikuti dengan turunnya listrik lagi.
q cek lagi psnya dan sekarang keaadannya tambah parah tr D1884.D709,L705,R716,ZD 708 3,9v
ic tea 2261 sudah dalam keadaan tewas .
wah pusing juga kembali q cari biang keladinya terus q cari dan didapati trafo swiching T701 dalam keadaan retak kemudian q lepas ternyata trafo sudah pecah menjadi beberapa bagian
apa ini penyebabnya? q coba cari digudang siapa tahu ada kanibalan kebetulan ada bekasan mesin tv sharp yang sama persis kemudian q cabut dan dipasang pada tv tersebut.
setelah semua komponen yang rusak tadi diganti q coba lagi dan q ukur tegangan sekundernya ternyata sudah benar yaitu 115v.
mesin kembali q pasang dan mak byaaak tv nyala dengan berdebar-debar tv mati lagi gak ya
10 menit 30 menit satu jam tv normal gak ada masah lagi casing tak tutup lagi dan tv tak coba sampai 4jam dan tv gak ada masalah itu pengalamanku yang memusingkan semoga bermanfaat.

7 komentar:

  1. TV SHARP C -20F5
    regulator IC TEA2261 . R712 Itu nilainya brpa? soalnya gosong akibat konslet R120k dengan kapasitorU560.
    tolong penjelasannya.

    BalasHapus
  2. cara pasang gacun kabel merah di kaki colector arah nya yg mana om berhubung pcb nya udah pada koyak

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. berul gan, tv sharp yg menggunakan driver regulatot, pake ic tea 2261, tv mati total udah tangan kedua, sudah pake gacun, belumbisa star, di kasih ke saya, setelah saya obok2 mesin bisa star, langsung saya pasang di tabung,setelah seua kabel terpasang lalu aku coba begitu tombol di tekan layar langsung menyala tapi bkankin putih, saya berpikir sejenak sambil ngedumel, wah, apanyalagi ini tv, tiba2jebret listrik anjelok, gacun nya almarhum deh, ahirnya aku cabut solderan lampu aku matikan, sambil ngedumel sialan ini tv,aku tinggal tidur...hehe

    BalasHapus
  5. berul gan, tv sharp yg menggunakan driver regulatot, pake ic tea 2261, tv mati total udah tangan kedua, sudah pake gacun, belumbisa star, di kasih ke saya, setelah saya obok2 mesin bisa star, langsung saya pasang di tabung,setelah seua kabel terpasang lalu aku coba begitu tombol di tekan layar langsung menyala tapi bkankin putih, saya berpikir sejenak sambil ngedumel, wah, apanyalagi ini tv, tiba2jebret listrik anjelok, gacun nya almarhum deh, ahirnya aku cabut solderan lampu aku matikan, sambil ngedumel sialan ini tv,aku tinggal tidur...hehe

    BalasHapus
  6. Maaf gan ikut nimbrung kalo tv sahrp yang drivernya pake ic tea2261 ko ic nya nyampe peca gan tolong dong pencerahanya trima kasi

    BalasHapus
  7. Cara pasang gacun pd q beath atw q vision gmn ya n apa yg mesti dimodiv?

    BalasHapus