Sabtu, 09 Juni 2012

tv rakitan cina sering mati sendiri

dapat servisan tv ini emang bikin pusing,emang waktu pertama datang kelihatanya mudah aja karena gejalanya cuman gak mo hidup dikarenakan power suplaynya drop.
dalam hati gampang nich,trus aku ukur komponen dan didapati pc 817 sudah gak normal aku langsung ganti aja dan tegangan 115v sudah ada langsung aku coba dan tv dapat nyala normal namun setelah dicoba 4 jam tv kok mati sendiri dan tidak berapa lama hidup sendiri.
kemudian aku bongkar lagi aku ukur komponen transisitor capasitor dioda,resistor dan hasilnya nihil maklum gak punya alat ukur kapasitor jadi gak tau tuh kapasitor masih bagus to dah berubah kapasitasnya.kemudian aku coba lagi dan tv nyala lagi tapi sebelum gambar tampak terdengar suara kreek dari speaker dan hasilnya gambar bagus suara bisu alias gak ada suaranya.
bongkar lagi kali ini aku spekulasi aku ganti transistor,dioda dan beberapa resistor pada blok regulator swiching
kemudian dicoba lagi dan hasilnya tetap nihil.
ah dari pada pusing berkepanjangan aku coba ganti regulator dengan regulator gacun dan teryata hasilnya jreeng gambar beserta suara normal kemudian aku coba seharian dan tv tetap normal dan gak mati kemudian hidup sendiri kayak sebelumnya
.


3 komentar:

  1. tv ichiko sering mati sendiri apa nya gan?

    BalasHapus
  2. Cara nya memasang gacun,gimana,,?dan apa saja komponen yg harus di copot,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabel hitam di ground(-elco besar)
      Kabel merah di tempat regulator tengah....
      Kabel biru di pin 4 octopuler...dngn melepas pin 3 dan 4

      Hapus